get app
inews
Aa
Read Next : Bjorka, yang Muncul dan yang Hilang

Ini Cara Bijak Menghemat Energi BBM

Kamis, 21 Juli 2022 | 11:26 WIB
header img
BBM Pertalite (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsSoloraya.id - BBM adalah salah satu sumber energi tak terbarukan tetapi penting bagi masyarakat, sehingga masyarakat diminta lebih bijak dalam penggunaan bahan bakar minyak (BBM) 

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah cara menghemat energi BBM yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Kendaraan Umum

Cara pertama menghemat BBM adalah dengan menggunakan kendaraan umum untuk bepergian. Selain bisa menghemat BBM, bepergian dengan kendaraan umum juga dapat membantu mengurangi polusi udara akibat asap kendaraan.

Selain menggunakan kendaraan umum, kamu juga bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki jika tempat yang dituju itu tidak terlalu jauh.

2. Mengatur Kecepatan Kendaraan

Apabila kamu sering mengemudi dalam kecepatan tinggi, maka sebaiknya kebiasaan tersebut dihilangkan.
Penting bagimu untuk mengatur kecepatan dalam mengemudi agar tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Karena hal ini berguna agar kamu dapat memakai BBM lebih hemat sesuai dengan kebutuhan saat berkendara.

3. Menjaga Kondisi Mesin

Cara menghemat energi yang berupa BBM berikutnya adalah dengan selalu menjaga kondisi mesin. Lakukan pemeriksaan secara berkala terhadap mesin kendaraan kamu.

Kondisi kendaraan yang kurang baik dapat menyebabkan penggunaan BBM lebih banyak dari kondisi normal.
Selain itu, saat kondisi kendaraan prima, maka mesin bisa bekerja lebih efektif, efisien, dan prima.

4. Perhatikan Lokasi Parkir

Hal yang tak kalah pentingnya adalah memperhatikan lokasi parkir kendaraan. Pilihlah lokasi parkir yang tertutup atau di bawah pohon. Hal ini berguna agar kendaraan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Sinar matahari yang mengenai kendaraan secara langsung akan membuat BBM cepat habis. Ini karena BBM termasuk cairan yang cukup mudah menguap. 

5. Menjaga Tekanan Angin

Jika tekanan angin ban kendaraan mulai berkurang, segeralah untuk mengisinya.  Semakin rendah tekanan angin pada ban, maka beban yang diterima oleh mesin akan semakin besar. 

Hal ini kemudian akan menyebabkan konsumsi bahan bakar semakin meningkat dan menjadi boros. Itulah cara menghemat energi yang berupa BBM yang harus kamu coba.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut