Logo Network
Network

HARUS TAHU! Ini Lima Amalan yang Nilainya Setara Ibadah Haji

Abi Langit
.
Rabu, 03 Agustus 2022 | 14:19 WIB
HARUS TAHU! Ini Lima Amalan yang Nilainya Setara Ibadah Haji
Berdoa untuk munajat agar semua ibadah diterima-Nya (ist)

IBADAH HAJI merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu. Bila secara fisik, waktu dan keuangan telah mampu maka hal ini menjadi kewajiban bagi seorang Muslim. Terlebih mulai tahun ini, pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali keran bagi jamaah haji yang ingin menunaikan rukun Islam kelima tersebut. Namun, bila belum bisa menunaikan ibadah haji secara langsung ke Tanah Suci Mekah, Allah SWT memberikan kemurahan lewat beberapa amalan yang pahalanya setara dengan haji.  

Ibadah haji ini memang sangat besar pahalanya, seperti yang dikatakan sebuah hadis, Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR al-Bukhari dan Muslim). 

Untuk yang belum berkesempatan, berikut ulasan tentang amalan ringan yang pahalanya setara ibadah haji. 

1. Sholat Berjamaah di Masjid

Amalan pertama yang pahalanya setara ibadah haji adalah melaksanakan sholat berjamaah lima waktu di masjid. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis Bukhari dan Muslim bahwa sholat berjamaah lebih utama 27 derajat ketimbang melaksanakan sholat sendirian. Dalam buku Keajaiban Tahajud, Subuhm, dan Dhuha menjelaskan, yang dimaksud mendatangkan pahala haji tersebut adalah ketika sholat dikerjakan secara terus menerus.  

Sedangkan orang yang menjalani sholat dhuha di masjid akan memperoleh ganjaran setara umrah. Pendapat ini merujuk pada hadis dari Abu Ummah. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan salat fardhu akan diberikan pahala ibadah haji. Sementara orang yang keluar rumah untuk mengerjakan salat dhuha dan tidak ada tujuan lain seperti itu maka akan diberikan pahala umrah," (HR Abu Dawud).

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini