get app
inews
Aa Read Next : Walikota Semarang Apresiasi Peran Perempuan Sebagai Garda Terdepan dalam Pembangunan

HARUS TAHU! Ini Lima Amalan yang Nilainya Setara Ibadah Haji

Rabu, 03 Agustus 2022 | 14:19 WIB
header img
Berdoa untuk munajat agar semua ibadah diterima-Nya (ist)

2. Berbakti Kepada Orangtua

Amalan setara ibadah haji berikutnya adalah berbakti kepada kedua orang tua. Selain sama dengan menunaikan ibadah haji, amalan ini juga sama dengan jihad. Dikatakan dalam sebuah hadist yang berasal dari Anas bin Malik RA, ia berkata yang artinya: Artinya: "Ada seseorang yang mendatangi Rasululah SAW dan ia sangat ingin pergi berjihad namun tidak mampu. 

Rasulullah SAW bertanya padanya, 'Apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup?' Ia jawab, 'Ibunya masih hidup.' Rasul pun berkata padanya: "Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad," (HR. Ath-Thabrani). 

3. Dzikir di Waktu Subuh

Menurut salah satu buku yang berjudul Rahasia Terlengkap Dahsyatnya Mukjizat Shalat Tahajjud, dzikir setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah sampai terbit matahari dan melanjutkannya dengan melaksanakan sholat dua rakaat akan mendapatkan pahala setara ibadah haji dan umrah dengan sempurna.  

Hal ini mengacu pada hadis yang diriwayatkan Anas. Ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa salat subuh berjamaah, lalu duduk berzikir kepada Allah SWT sampai terbit matahari, kemudian ia salat dua rakaat, maka amalan itu sama dengan pahala menunaikan ibadah haji dan umrah secara sempurna, sempurna, dan sempurna," (HR At Tirmidzi dan hasan menurutnya).

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut