get app
inews
Aa Read Next : Ikatan Advokat Indonesia Jateng Gelar Bukber, Satukan Perbedaan dalam Kebersamaan

Rakerda DPD IKADIN Jateng: Advokat harus Berintegritas Demi Sistem Peradilan yang Lebih Baik

Senin, 19 Desember 2022 | 16:55 WIB
header img
Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Jawa Tengah menyelenggarakan Rakerda, Jumat-Sabtu(16-17/12) di Grand Ballroom Alila Hotel Kota Solo. Foto: ist

SOLO, iNewsSoloraya.id - Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Jawa Tengah menyelenggarakan Rakerda, Jumat-Sabtu(16-17/12) di Grand Ballroom Alila Hotel Kota Solo, Rakerda ini diikuti ratusan anggota IKADIN Jateng. 

Digelarnya Rakerda ini adalah sebagai wadah untuk mendiskusikan rancangan kerja yang konkret untuk jadi acuan para advokat dalam membentuk sistem peradilan. Selain itu juga untuk memunculkan rancangan kerja dan notulensi rancangan kerja sebagai patokan dalam satu tahun ke depan. 

Ketua Umum DPD IKADIN Jateng, Aan Tawli dalam penyampaiannya menyatakan bahwa rakerda tahun ini mengangkat isu berupa fenomena yang sekarang sedang heboh dalam sistem peradilan Indonesia. 

"Ada beberapa isu yang terjadi seperti kasus daripada adanya OTT hakim agung. Ditambah juga ada rekan-rekan advokat dari organisasi lain. Alhamdulillah bukan dari Ikadin tapi tetap harus menjadi perhatian kita. IKADIN harus mengambil peran serta, Intinya kita harus peduli dengan sistem peradilan di Indonesia," ungkapnya di hadapan ratusan peserta. 

Sebagai landasan untuk mengurai masalah tersebut penting baginya agar IKADIN menjadi organisasi profesi yang solid, berintegritas demi sistem peradilan yang lebih baik. 

Di sisi lain, Ketua Umum DPP IKADIN Maqdir Ismail menyampaikan agar jangan sampai profesi sebagai advokat dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak benar. 

"Jangan hanya sekedar memenangkan perkara saja atau karena pesanan tanpa memikirkan hati nurani dan kebenaran yang hakiki," ujarnya. 

Menurutnya perihal hakim agung yang terseret kasus, menurutnya hal ini sangat mencoreng nama hukum. Baginya menjadi advokat tidak cuma perkara mencari uang semata namun memegang nilai-nilai kebenaran. 

Ketua DPC IKADIN Surakarta Jamal, juga menyebut agar jangan pernah ragu-ragu untuk menjalankan amanah. 

"Karena siapa lagi yang dibanggakan oleh seluruh masyarakat kalau penegak hukum tidak diimbangi oleh advokat yang benar-benar memiliki loyalitas mengabdi yang betul-betul dan ikhlas. Jangan berbicara mata uang kita ke depan kan berbicara mata batin Maka insya Allah pasti semua akan mengikuti, apabila mata batin kita sudah di depan kan saya yakin samua advokat akan mendapatkan manfaat yang lebih mulia daripada yang sekarang ini kita jalankan," tandasnya. 

Ketua Panitia Rakerda IKADIN Jawa Tengah, Hendrawan mengucapkan terimakasih kepada para peserta. Tujuan Rakerda kali ini adalah memperkokoh dan mempererat tali silaturahmi antara anggota. 

Serta memberikan pengetahuan tentang organisasi advokat baik dan benar menurut hukum yang berlaku di negara kita.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut