get app
inews
Aa Read Next : Ikatan Advokat Indonesia Jateng Gelar Bukber, Satukan Perbedaan dalam Kebersamaan

Inilah Agenda IKADIN Jateng Setelah Dilantik

Selasa, 19 Juli 2022 | 12:13 WIB
header img
Pengurus DPD IKADIN Jateng. Foto: iNewsSoloraya

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Dr. Maqdir Ismail baru saja melantik kepengurusan DPD IKADIN Jawa Tengah masa bhakti 2022-2026.

Pelantikan IKADIN Jateng tersebut dilaksanakan di Hotel Tentrem, Kota Semarang, Senin (18/7/2022).

Ketua DPD IKADIN Jateng yang baru Dr Aan Tawli, SH, MH, mengatakan sejumlah agenda telah menanti untuk dikerjakan oleh para pengurus baru tersebut. Ia menyatakan ada empat agenda yang segera dikerjakan oleh kepengurusannya. 

Agenda pertama kepengurusan IKADIN yang baru, kata Aan akan segera malakukan pengajuan penyumpahan kepada anggota-anggota yang sudah lulus ujian calon advokat (UCA). 

"Yang sudah dinyatakan lulus dan sudah keluar SK dari DPP ada kurang lebih 100 orang, penyumpahan nanti kita ajukan ke Pengadilan Tinggi Kota Semarang," katanya.

Pihaknya, lanjut Aan juga akan mengadakan pendidikan kemahiran advokat (PKA). "Itu sudah ada MoU dengan Fakultas Hukum Wahid Hasyim dan juga nanti akan ditambah dengan Fakultas Hukum yang lain seperti dari USM dan akan kita susulkan FH Undaris," imbuhnya.

Kepengurusan dibawah kepemimpinan Aan juga akan melakukan konsolidasi antara DPD dengan DPC. "Kalau dahulu model pelaksanaan PKA terpusat di DPD, namun kalau sekarang sudah terjadinya nanti konsolidasi antara DPD dengan DPC. Sehingga DPC sebagai pelaksana kemudian akan di supervisi oleh DPD. Jadi jangan kaget nanti DPD Jateng akan banyak melakukan PKA di daerah-daerah," terangnya.

Dengan adanya konsolidasi itu, diharapkan ke depan daerah akan semakin mudah menambah anggota. "Selama ini ada ketimpangan antara DPC dan DPD, Semarang banyak sekali yang ambil bagian sebagai advokat baru IKADIN, namun di daerah lain minim. Jadi ke depan setiap DPC memiliki kewenangan untuk mengajukan pelaksanaan PKA, kita dari DPD melakukan supervisi," sambungnya.

Program keempat yang akan dilakukan kepengurusan di bawah kepemimpinan Aan adalah melakukan pembekalan tambahan kepada lulusan-lulusan advokat IKADIN yakni dengan memperbanyak mengikutsertakan anggota dalam pendidikan berkesinambungan selama tiga bulan yang disebut legal tutorial.

"Selama ini advokat IKADIN itu sudah dibekali oleh DPP berupa program legal update dan legal upgrade. Untuk di DPD akan kami tambah berupa legal tutorial," ungkapnya. 

Untuk diketahui Dr Aan Tawli, SH, MH, sebelumnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua IKADIN pada Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) IKADIN Jawa Tengah, pada 25 Juni 2022. Musdalub tersebut diadakan di Hotel Gumaya, Kota Semarang.

Dalam pelantikan tersebut, selain melantik kepengurusan IKADIN Jawa Tengah masa bhakti 2022-2026, juga dilanjutkan dengan pelantikan DPC IKADIN se Jateng.

 

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut