get app
inews
Aa Read Next : Meriah! Rangkaian HUT ke-477 Kota Semarang Suguhkan "Semarang Night Carnival"

Semarang Night Carnival Menjadi Pembuka Semarak Jejak Kreatif 2023 dengan Tema The Luxury

Jum'at, 12 Mei 2023 | 21:35 WIB
header img
Menjadi acara pembuka Semarak Jejak Kreatif 2023, Semarang Night Carnival atau SNC tahun ini akan berbeda dari gelaran tahun-tahun sebelumnya. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Sebagai acara pembuka Semarak Jejak Kreatif 2023, Semarang Night Carnival (SNC) tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso Poespojoedho, acara Semarak Jejak Kreatif 2023 adalah kolaborasi baru antara Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

"Dan kali ini (Semarang Night Carnival) ada sedikit perbedaan, kegiatan akan dilaksanakan pada Jumat, 19 Mei 2023. Nanti akan dirangkaikan sebagai opening event dari Semarak Jejak Kreatif 2023, yang merupakan event baru, berkolaborasi antara Kemenparekraf, Disporapar Jateng dan Disbudpar Kota Semarang. Jadi nanti ada tiga unsur pemerintah yang terlibat dalam menyelenggarakan event Semarak Jejak Kreatif 2023 ini," lanjutnya di Gedung Pandanaran, Jumat (12/5).

SNC akan diadakan pada Jumat, 19 Mei 2023, dan akan menjadi acara pembuka untuk Semarak Jejak Kreatif 2023. 

Acara ini akan melibatkan tiga unsur pemerintah dalam penyelenggaraannya. SNC sendiri adalah bagian dari rangkaian acara untuk memperingati Hari Jadi Kota Semarang yang ke-476. 

Acara ini melibatkan seni tari, seni drama, dan kostum karnaval, dan telah berlangsung rutin selama 13 tahun di Kota Semarang.

Tema yang akan diangkat pada SNC tahun ini adalah "The Luxury", yang menggambarkan kemewahan, keindahan, dan kenyamanan. 

Sub-tema yang akan ditampilkan adalah Keris, Chandelier, Kipas, dan Lotus. Acara ini menjadi momentum untuk mengangkat kembali akulturasi budaya Kota Semarang sebagai sejarah peninggalan masa lampau.

"Kali ini kita akan mengangkat tema "The Luxury", yaitu terkait dengan kemewahan, keindahan dan kenyamanan. Perpaduan akulturasi budaya yang ada di kota Semarang. Kita paham kota Semarang memiliki keberagaman budaya sebagai peninggalan sejarah masa lampau yang dulu kala sebagai kota bandara raya. Di mana pada saat itu terdapat jalur rempah, jalur gula, maupun jalur sutra semua pusat perdagangan, bertransaksi di kota Semarang, khususnya di Kawasan Kota lama," terangnya.

Sebanyak 120 peserta yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat akan ikut berpartisipasi dalam acara ini. 

Sekitar 40 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Semarang juga akan mengenakan kostum dengan sub-tema yang sudah diangkat untuk memeriahkan SNC di Kota Lama. Seluruh peserta akan memperebutkan berbagai macam penghargaan.

"Ada 120 peserta dari berbagai unsur pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum. Dan sekitar kurang lebih 40 kepala OPD akan mengikuti dengan mengenakan kostum masing-masing dengan sub tema yang sudah kita angkat. Dan semua peserta akan memperebutkan berbagai macam penghargaan," ujarnya. 

Persiapan acara akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Mei 2023 dengan melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto. 

Jalan Letjen Suprapto akan digunakan sebagai lokasi SNC dan acara ini akan berakhir di Taman Titik Nol Kilometer Kota Semarang.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut