get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Sebut Solo Memang Spesial

Siti Atikoh Memasak Didampingi KetuaTPD Ganjar-Mahfud Jateng Agustina Wilujeng dan Walikota Semarang

Minggu, 17 Desember 2023 | 18:17 WIB
header img
Rangkaian Safari Politik Siti Atikoh dari Senam Sicita, Fun Cooking, dan Ajakan Menanam Sayur di Kota Semarang. foto: ist

Semarang, iNewsSoloraya.id - Istri calon presiden no urut 3 Ganjar Pranowo,Siti Atikoh Supriyanti, Minggu (17/12), melakukan agenda Safari Politik di beberapa lokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Usai mengikuti Semarang 10K, Ibu dari Muhammad Zinedine Alam Ganjar tersebut ikut senam Sicita untuk kemudian dilanjutkan menghadiri acara Fun Cooking di Kampung Jawi, Kecamatan Gunungpati.

Saat menghadiri Fun Cooking tersebut Siti Atikoh, didampingi Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ketua Tim Pemenangan Daerah Ganjar-Mahfud Jawa Tengah, Agustina Wilujeng dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau akrab disapa Mbak Ita.

Saat memberi contoh cara memasak Bobor daun kelor, Atikoh didampingi oleh Agustina Wilujeng dan Mbak Ita.

Daun kelor atau nama bekennya Morina, menurut Atikoh merupakan super food dan efektif mencegah stunting. 

"Ini super food (daun kelor), kalau di barat namanya morina, kalau (namanya) morina mahal. Indonesia tak terkecuali Kota Semarang kaya dengan super food seperti daun kelor. Daun kelor bisa dikombinasikan dengan telur, bakwan, juga sayur bayam," kata Atiqoh dihadapan ratusan emak-emak yang memadati Kampung Jawi.

Daun kelor, imbuh Atikoh bisa dikonsumsi ibu hamil maupun anak-anak kecil. "1000 hari kehidupan pertama harus diberikan gizi cukup agar efektif mencegah stunting" ujarnya.

Di sela memasak bobor daun kelor, Atikoh mengajak ibu-ibu yang hadir untuk menanam cabai dengan tabulampot termasuk sayur-sayuran lainnya seperti tanam kangkung dan selada air.

Atikoh menandaskan dengan para ibu-ibu menanam sayur-sayuran selain mendapatkan hasil panen organik juga sekaligus mewujudkan kedaulatan pangan walaupun dengan lahan terbatas.

Ia mengaku sudah pernah mempraktekkan menanam tersebut.

"Saya sudah praktikkan, kalau tanam 3 cabai, kita nggak akan beli, panen ini (pohon pertama), nanti selanjutnya pohon kedua, pohon ketiga," ujarnya.

Sebelum memasak, Atikoh menyempatkan diri berkeliling ke gerai yang ada di Kampung Jawi, sejumlah gerai menyajikan makanan sehat dan higienis. 

Saat berinteraksi dengan ibu-ibu yang menjaga stand Atikoh meminta mereka untuk selalu senantiasa memastikan makanan yang mereka jual sehat serta mendorong ibu-ibu yang berdagang untuk senantiasa melengkapi izin agar makanannya layak edar.

Atikoh juga mencicipi kuliner karya influencer maupun siswa SMK yang turut menyemarakkan kegiatan itu. Istri Ganjar Pranowo itu juga memuji kehigienisan dan kandungan gizi makanan yang disajikan mereka.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut