get app
inews
Aa Read Next : Simposium Nasional ke-50: Sido Muncul dan Unsoed Dorong Pengembangan Obat Herbal

Sido Muncul Raih Penghargaan PROPER EMAS Kali Keempat dan Green Leadership dari KLHK

Kamis, 21 Desember 2023 | 10:44 WIB
header img
PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul TBk. meraih Penghargaan "PROPER EMAS" untuk keempat kalinya. Foto: ist

Jakarta, iNewsSoloraya.id - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul TBk. kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Penghargaan "PROPER EMAS" untuk keempat kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, didampingi oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, kepada Bambang Supartoko, Manager Budidaya Tanaman dan PPRS (Pusat Penelitian Rempah Sido Muncul). Acara berlangsung di Birawa Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada Rabu, 20 Desember 2023.

Selain PROPER EMAS, Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, juga meraih dua penghargaan bergengsi dari KLHK, yaitu Green Leadership Utama Dunia Usaha dan Green Leadership Madya Dunia Usaha, yang merupakan penghargaan keduanya dalam kategori tersebut.

Irwan Hidayat menyatakan bahwa penganugerahan PROPER dan Green Leadership Dunia Usaha ini menjadi bukti konkret dari komitmen Sido Muncul untuk tidak hanya fokus pada aspek bisnis, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan. 

Visi dan misi perusahaan, yaitu "Memberikan Manfaat Kepada Masyarakat dan Lingkungan," telah menjadi landasan sejak tahun 2000.

Dalam pernyataannya, Irwan Hidayat menegaskan bahwa Sido Muncul terus konsisten dan berkomitmen untuk memberikan manfaat pada masyarakat sambil memastikan keberlanjutan bisnis tanpa merusak lingkungan. 

Beberapa langkah yang diambil antara lain menggunakan bahan bakar dari limbah jamu, pengolahan air buangan sesuai standar Kementerian LHK, serta pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan energi baru terbarukan (EBT).

"Sido Muncul selalu serius dalam mencapai target PROPER terbaik. Keberhasilan ini adalah hasil dari niat baik perusahaan yang didukung oleh tim departemen lingkungan hidup dan seluruh karyawan Sido Muncul," ungkap Irwan Hidayat.

Lebih lanjut, Irwan menyadari bahwa menjaga lingkungan merupakan bagian integral dari operasional bisnis yang sangat penting. 

Dia juga menyampaikan rasa syukur karena upaya perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan mendapat apresiasi dari pemerintah, serta kebanggaannya terhadap kinerja luar biasa tim departemen lingkungan.

PROPER, sebagai kebijakan pemerintah, memiliki tujuan meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

Selain itu, PROPER juga menjadi perwujudan transparansi dan demokratisasi dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia, sesuai dengan prinsip-prinsip good governance yang diterapkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut