408 Mahasiswa Unnes Ikuti Bela Negara di Rindam Diponegoro

Holy Surya
Kegiatan bela negara di Rindam IV Diponegoro, Magelang. Foto: ist

Magelang, iNewsSoloraya.id - Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengirim 408 fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Khusus (LK-UKM) dari berbagai tingkatan baik di tingkat universitas maupun fakultas untuk mengikuti kegiatan bela negara di Rindam IV Diponegoro, Magelang, pada Jumat-Minggu, 1-3 Maret 2024 lalu.

Acara ini dibuka oleh Danrindam IV Diponegoro dan dihadiri oleh Rektor UNNES, Prof. Dr. S Martono, M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Martono menyatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan bela negara tersebut adalah untuk menguatkan rasa cinta terhadap tanah air, memperkokoh kepercayaan pada Pancasila sebagai ideologi negara, membentuk karakter kedisiplinan, dan meningkatkan etos belajar.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menangkal paham radikalisme, penyalahgunaan narkoba, serta mendorong kemandirian dan kesetiakawanan sosial melalui semangat gotong royong dan kerjasama tim,” kata Martono, dalam keterangan tertulis, Kamis (7/3).

Para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap kegiatan ini. M. Rifki Firzatullah, Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Keluarga Mahasiswa (KM) UNNES, menyatakan bahwa kegiatan bela negara mengedukasi dan menguatkan rasa cinta terhadap tanah air. 

Ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan agar dapat meningkatkan ketertarikan mahasiswa terhadap pembentukan karakter dan rasa nasionalisme.

Sementara itu, Ari Triyanto, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahapala Unnes, menambahkan bahwa kegiatan ini melatih sikap disiplin, tanggung jawab, serta kebersamaan di antara peserta. Baginya, kegiatan ini sangat mendidik bagi mahasiswa sebagai calon penerus bangsa.

Dengan antusiasme yang tinggi dan semangat bela negara yang kental, para mahasiswa UNNES siap untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang mereka pelajari dalam kegiatan ini ke dalam kehidupan sehari-hari mereka sebagai bagian dari upaya membangun generasi muda yang berjiwa nasionalisme.

Editor : zainal arifin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network