get app
inews
Aa Read Next : Gibran - Hendi Sepakat Pemuda Harus Diberi Ruang Kreasi

INI Dia, Kuliner Nikmat Rekomendasi Walikota Semarang Hendi Prihadi (1)

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 09:18 WIB
header img

SEMARANG adalah pusat kuliner enak. Wajar sih. Karena di kota yang menjadi Ibukota Jawa Tengah itu berakulturasi banyak kebudayaan. Dampaknya, kota yang memiliki kontur pantai dan juga perbukitan itu kaya dengan berbagai makanan etnik, mulai citarasa Jawa, China, India, Arab, maupun etnis lainnya. Jadi jika ke Semarang tanpa merasakan wisata kuliner pastilah kurang klop. Belum lengkap.

Identitas kota kuliner itu juga yang tampaknya dibangun oleh Walikotanya, Hendrar Prihadi. Walikota yang mbois itu tampak acap mengungkapkan lokasi kuineran yang mantap di kota yang panas itu. Melalui media sosialnya, dia membagikan kuliner yang menurutnya patut dicoba. 

"Karena rasa tidak pernah bohong," tulis Walikota yang akrab disapa Hendi itu.

Berikut rekomendasi kuliner di Kota Semarang yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Ibu Kota Jawa Tengah ala Walikota Hendrar Prihadi.

1. Gudeg Abimanyu & Gudeg Koyor Yu Tum

Salah satu kuliner yang terkenal di Semarang adalah warung Gudeg Abimanyu dan Gudeg Koyor Yu Tum. Gudeg Abimanyu buka pukul 06.00-17.00 WIB , sedangkan Gudeg Koyor Yu Tum buka pada 18.00-03.00 WIB.

Kedua warung gudeg ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Menu yang wajib dicoba yakni nasi gudeg koyor dan lontong opor. Gudeg Semarang ini rasanya lebih gurih, berbeda dengan Jogja yang cenderung manis.

Lokasi Gudeg Abimanyu berada di jalan Abimanyu VI Semarang, sedangkan Gudeg Koyor berlokasi di Jalan MT Haryono (Peterongan) Semarang.

2. Bakmi Djowo Doel Noemani

Bakmi Jawa biasanya dimasak dengan peralatan yang masih tradisional, yakni di atas tungku yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan api dari arang. Cara memasak yang sederhana ini mempengaruhi cita rasa bakmi. 

Hal tersebut juga masih diterapkan di Bakmi Djowo Doel Noemani. Selain itu, juru masak di sana juga memasak pesanan satu per satu dalam wajan kecil sehingga kualitas rasa lebih terjaga.

Bakmi Djowo Doel Noemani memiliki 2 cabang di Semarang, yakni di Jl Pemuda No 117 Semarang (depan Paragon) dan Jl Pemuda No 145 Semarang (depan Balaikota). Untuk cabag di depan Paragon buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 12 tengah malam, sedangkan cabang di depan Balaikota buka mulai pukul 4 sore hingga 12 malam.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut