Kisah Khadijah, Istri Pertama Rasulullah

Abi Langit
.
Sabtu, 21 Januari 2023 | 07:53 WIB
Kisah para istri Nabi Muhammad SAW yang inspiratif (Foto: Sindonews.com)

NABI MUHAMMAD adalah sosok teladan yang tiada bandingannya. Beliau juga didudukkan sebagai sosok yang paling berpengaruh sepanjang sejarah. Penulis dan astrofisikawan Yahudi-Amerika Mihael H Hart di dalam bukunya The 100: A Ranking of the Most Influential People in History bahkan menempatkan Muhammad sebagai sosok nomor 1 dan tak tertandingi.

Sampai kini, tak ada yang membantah penempatan Nabi Muhammad di buku itu. Dunia mengakuinya.

Memang, kisah kenabian Muhammad selalu abadi dan memberi pelajaran yang tak pernah berkesudahan. Sejarah hidupnya menjadi ‘’hukum’’ yang diikuti oleh umat muslim, dan menjadi inspirasi umat lainnya.

Nah, di antara kisah hidup Rasul Terakhir ini, kisah rumah tangganya juga sangat mencengangkan, penuh inspirasi kasih sayang. Seorang ulama terkenal di Sumatra, H Mahyarudin Salim bahkan membuatkan seri ceramah puluhan kaset yang khusus membahas ‘’Rumah Tangga Rasulullah’’ yang pernah amat populer di tahun 1980-an.

Kali ini  kami akan mengisahkan ulang istri-istri Nabi Muhammad dari berbagai sumber, dan semoga kita dapat menjadikannya sebagai inspirasi.

Sebagaimana kita maklum, hanya Rasulullah yang diperbolehkan Allah untuk menikahi lebih dari 4 wanita. Dan sejarawan Islam sangat bersepakat bahwa pernikahan yang Rasulullah lakukan jauh dari unsur kesenangan badani atau mengikutkan nafsu, namun lebih untuk kepentingan dakwah Islam, sekaligus menjadi contoh hukum tentang pernikahan yang diperbolehkan.

Melansir dari Muslimah, Nabi telah melangsungkan akad dengan 13 wanita, dan dua daripadanya tidak pernah Beliau kumpuli, sehingga kita akan mengisahkan 11 pernikahan itu saja. Dua dari 11 istri Nabi Muhammad meninggal terlebih dahulu, yakni Khadijah dan Zainab. Sembilan lainnya mendampingi Rasulullah sampai Beliau wafat.

Semua istri Nabi Muhammad adalah wanita pilihan. Cerdas, dengan kesabaran, kezuhudan, dan ketaatan yang luar biasa.

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini