Logo Network
Network

Kisah Khadijah, Istri Pertama Rasulullah

Abi Langit
.
Sabtu, 21 Januari 2023 | 07:53 WIB
Kisah Khadijah, Istri Pertama Rasulullah
Kisah para istri Nabi Muhammad SAW yang inspiratif (Foto: Sindonews.com)

Banyak perbedaan pendapat soal usia Khadijah saat menikah dengan Nabi. Kita acap mendengar, saat menikah kali pertama itu, usia Nabi 25 sedangkan Khadijah 40 tahun. Dan hal itu memang dikuatkan riwayat yang disebutkan oleh Ibnu Sa’d dalam At-Thabaqat Al-Kubro, dari Al-Waqidi.

Akan teteapi dalam riwayat Al-Hakim dengan sanadnya, dari Muhammad Ibnu Ishaq, beliau menyatakan, “Pada hari pernikahannya (Khadijah), beliau berusia 28 tahun.” (Al-Mustadrak Al-Hakim, 11/157).

Kemudian dalam Al-Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir mengatakan, “Dinukil oleh Al-Baihaqi dari Al-Hakim bahwa usia Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika menikah dengan Khadijah adalah 25 tahun, sedangkan usia Khadijah ketika itu adalah 35 tahun, ada juga yang mengatakan 25 tahun…” (Al-Bidayah wa An-Nihayah, 2/295).

Tapi tentu, tak perlulah kita memperbedabatkan soal usia itu. Yang utama, Khadijah adalah istri pertama Nabi. Dan sepanjang pernikahannya dengan Khadijah, Nabi tidak pernah menikah lagi alias berpoligami.

Dari pernikahannya dengan Khadijah, Nabi mendapatkan anak, yakni Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqayyah Umm Kulthum, dan Fatimah.

Khadijah adalah sosok paling istimewa di hati Rasulullah. Khadijah pendamping dan pembela utama Rasulullah di awal syiarnya atas Islam. Khadijah juga sosok pertama yang bersyahadat memeluk islam, dan banyak menyerahkan hartanya di jalan dakwah.

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.