get app
inews
Aa Read Next : Puan Maharani Resmikan GOR Bung Karno Sukoharjo dengan Investasi Rp 55,855 Miliar

Kunjungan Puan Maharani di Banjarnegara, Meski Molor Tiga Jam, Antusiasme Masyarakat Tetap Tinggi

Jum'at, 02 Februari 2024 | 19:10 WIB
header img
Ketua DPR RI, Puan Maharani kunjungan kerja ke sentra batik dan perajin gula semut di Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Foto: ist

Banjarnegara, iNewsSoloraya.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, melaksanakan kunjungan kerja yang berkesan ke sentra batik dan perajin gula semut di Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Kamis (1/2/2024).

Walaupun kunjungannya mengalami keterlambatan selama tiga jam, antusiasme ratusan masyarakat tidak surut. Cucu sang Proklamator ini mendapat sambutan hangat saat terlibat aktif dalam proses pembuatan batik dan produksi gula semut.

Di sentra batik, Puan Maharani secara langsung terlibat dalam kegiatan pembuatan batik, mulai dari melukis motif hingga proses pewarnaan kain. 

Dalam interaksinya, ia menyampaikan apresiasinya kepada perajin batik di Desa Gumelem Wetan yang telah menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia.

Tak hanya itu, Puan juga menjelajahi sentra produksi gula semut di Desa Gemelam Wetan. Selama kunjungannya, tidak hanya berdialog dengan perajin gula semut, namun juga terlibat dalam proses pembuatannya, mulai dari perebusan untuk menghasilkan gula semut berkualitas.

"Bisa melihat Mbak Puan dari dekat dan berfoto bersama merupakan kebanggaan buat saya. Ternyata Mbak Puan cantik dan ramah," kata Sutinah, warga Gumelem Wetan.

Sri Rumiyati, anggota DPRD Jawa Tengah, menjelaskan bahwa kunjungan Puan Maharani di Banjarnegara ke sentra batik dan gula semut bertujuan untuk memotivasi pelaku UMKM di Kabupaten Banjarnegara.

"Mbak Puan memberikan pesan untuk melaksanakan pelatihan kepada masyarakat terkait kerajinan batik dan gula semut, termasuk pengemasan dan strategi pemasaran agar produk lokal di Kabupaten Banjarnegara bisa cepat dikenal," ujarnya.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut